Tutorial Pemrograman Kriptografi C++ dan Java

Zae
Pada tahu gak ya apa itu APENDO ? 
APENDO adalah suatu perangkat lunak keamanan informasi elektronik yang dikembangkan oleh Lemsaneg dan hanya diperkenankan untuk aplikasi e-Procurement yang diselenggarakan oleh LKPP. APENDO terdiri dari dua aplikasi yaitu APENDO Peserta dan APENDO Panitia.

Gambar APENDO

APENDO Peserta adalah aplikasi yang digunakan oleh Penyedia barang/jasa untuk melakukan proses penggabungan dokumen elektronik (file asli) jika jumlahnya lebih dari satu, kompresi dan menyandi (enkripsi) file asli, dan memiliki keluaran satu file sandi berekstensi .rhs yang mengandung identitas Penyedia barang/jasa dan identitas paket lelang yang diikuti.

APENDO Panitia adalah aplikasi yang digunakan oleh Panitia Pengadaan untuk melakukan proses membuka (dekripsi) satu file sandi berekstensi .rhs, dekompresi, pemisahan file asli jika jumlahnya lebih dari satu, dan memiliki keluaran file asli sesuai dengan jumlahnya, serta menampilkan identitas Penyedia barang/jasa dan identitas paket lelang yang diikuti.

Yang menjadi pertanyaan adalah algoritma kriptografi yang digunakan apa ya? Apakah menggunakan algoritma Simetrik (AES,3DES, dll) dan Asimetrik (RSA, dll)? 

Berdasarkan narasumber, ternyata APENDO menggunakan algoritma propreatary lho? Artinya adalah algoritma dibuat sendiri oleh Lemsaneg. WOW  Keren, tapi kok belum ada namanya ya. 

Salut buat Lemsaneg, semoga banyak produk dalam negeri yang dibuat oleh Lemsaneg untuk kemanan informasi. 








2 Responses
  1. Unknown Says:

    wow, baru tau kalau enskripsi nya sulit..
    kebetulan saya tenaga kontrak di lpse nih..


  2. Unknown Says:

    admin,, ada lagi applikasi criptography yg menarik,, minta bantuanya,, kalau ada send email mhileau@gmail.com


Posting Komentar